Daisypath Anniversary Years Ticker

Monday, March 2, 2009

FOGGING

Gue mau cerita tentang weekend kemarin.

Pagi-pagi hari Sabtu 28 Pebruari gue sebenernya ada janji ama temen gue Eny di Plaza Semanggi. Tapi malem-malem temen gue itu sms, bilang kalo ada kemungkinan besok batal karena anaknya batuk pilek dan badannya agak panas. Dikonfirmasi paginya bahwa emang batal. Suami gue kegirangan, karena berarti gue musti nemenin dia ke Mangga Dua (tadinya dia yang musti nemenin gue ke Plangi). Gak apa-apa, toh dia liat-liat kamera or komputer, gue bisa liat-liat baju or sepatu or tas (liat-liat doaaang..), so gue bangun dengan rada bergegas ---biasanya males-malesan--- buat bikin sarapan karena denger-denger bakal ada petugas fogging nyamuk demam berdarah dan emang nggak pengen pergi terlalu siang.

Tapi gue kan emang gitu ya.. segalanya dibawa santaaaaii, jadi ngiris-ngiris bawang juga pelan-pelan dan sambil becanda (becanda sendiri sih, suami gue masih di kamar), nyiapin nasi buat digoreng juga lama ditakarnya, "segini kurang nggak ya.. mmm, tambah deh. Eh, kebanyakan kayaknya.. apa semua aja ya?" *sambil mikir lama di depan magic-com*

Padahal gue udah tau hari ini ada fogging.
Padahal jamnya udah diumumin 09.00. Gue liat jam deket dapur baru jam 08.40.
Padahal gue udah tau jam deket dapur itu telat setengah jam.
Padahal gue tau, kalo tukang semprot fogging dateng kita semua harus keluar rumah dan nunggu di luar sampe asapnya habis.
Nah.. kok ya gue masih santai aja ya. Stupid stupid stupid.

Jadi pas gue siap-siap masak, tau-tau kedengeran tuh alat semprot yang suaranya ngagetin GRRROWEEEEENGG.. Ternyata tukang semprotnya udah di depan rumah gue! Panik deh. Mana nih nasi ama bumbu-bumbu belum diapa-apain, kan harus ditutupin biar gak kena semprotan. Kostum gue juga masih semi pornoaksi.

Jadi setelah bumbu-bumbu gue lempar lagi ke dalam kulkas dan nasi putih gue amankan, baru deh gue terbirit-birit ke kamar buat ganti pake daster panjang dan jilbab. Pas gue keluar kamar, olala.. rumah gue udah penuh asap, baunya menusuk hidung dan bikin perih tenggorokan. Suami gue kan tipe lelaki setia ya, jadi dia baru keluar rumah setelah istrinya juga keluar. Kesian, dia sampe batuk-batuk nggak karuan gitu. Duh, maaf ya sayangku.

Pas lagi ada fogging, ada segerombolan bocah laki-laki yang tampangnya dari jauh aja udah keliatan badung banget. Tiap kali ada fogging, gue perhatiin mereka selalu masuk ke pekarangan atau teras atau garasi rumah orang yang penuh asap lalu ketawa-ketawa di tengah asap yang mengandung racun serangga itu. Sakit jiwa!
Masih kecil aja udah kayak gitu, gedean dikit mungkin 'ngelem' pake Aibon, gedean lagi 'nge-gele', pas dewasa nyobain segala jenis narkoba. Naudzubillahi min zalik.

Gue udah siap-siap ngebentak aja kalo mereka masuk ke pekarangan rumah gue. Ternyata mereka masuk ke dalam pekarangan tetangga depan rumah gue. Tau-tau, mereka keliatan lari lintang pukang keluar dari sana karena disambit sama yang punya rumah, hehe..
Nunggu lama deh kira-kira satu setengah jam baru asapnya menipis. Suami gue amazed ama suasana rumah setelah fogging karena selama ini petugas fogging selalu datang pada hari kerja. "Wah, jarak pandangnya pendek sekali!" katanya waktu melongok ke dalam rumah yang berkabut. Yang kalo diucapkan oleh ibu-ibu depan rumah gue, "ih, di dalem putih semua ya.."
Maksudnya nggak kelihatan apa-apa gitu saking ketutupan asap.

Setelah asapnya kelar baru gue bisa garap lagi tuh nasi dan segala asesorisnya. Padahal kita semua udah pada kelaparan. Sambil gemeteran (oke, gue hiperbola hehe..) akhirnya kelar juga tuh nasgor. Nyokap gue yang biasanya jarang lapar aja (nggak kayak gue yang SELALU lapar) sampe ngomong, "Duh, Mama laper banget.." berarti tau dong gue udah kayak apa. Nggak kayak apa-apa juga sih, lapar aja, hahaha..
Selesai makan, beres-beres, mau siap-siap mandi, eeh.. hujan. Ditunggu-tunggu hujan nggak berenti sampai menjelang Ashar. Batal deh jalan-jalan ke Mangdu. Hiks..

Gue nggak tau ada petugas fogging atau petugas kelurahan daerah gue yang baca blog ini apa nggak. Moga-moga ada ya, karena gue cuma mau menghimbau, tolong jadwal fogging diperbanyak. Soalnya wilayah rumah gue termasuk yang jarang difogging. Biasanya proses fogging baru dijalankan saat sudah jatuh korban alias ada yang kena DBD. Padahal harusnya kan rutin.
Teman-teman kantor suami gue pada ngeluh anak-anaknya kena DB. Sodara di Depok anaknya juga kena DB. Terakhir, sodara di Bandung yang berusia 11 tahun juga dirawat di RS karena DB. Doh, bapak-bapaaaakk.. sadar dong sama kebutuhan wargaa..
There's more important things than making sure your campaigns look just right. Or maybe you're all not affected by the truth unless it's on your doorstep?!

NB:
Hari Minggunya gue jadi diajak ke Mangdu, asyiiik..
Dibeliin something (that I wanted for quiet long) ama suami gue, asyiik..

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...