Daisypath Anniversary Years Ticker

Wednesday, June 12, 2013

PENGALAMAN KENA DEMAM BERDARAH

Yang udah pernah ngerasain Demam Berdarah, pasti tau gimana gak enaknya badan waktu lagi dihajar penyakit ini. Tapi buat yang belum pernah ngerasain, semoga sedikit info saya di bawah ini bisa membantu yaa..

Jumat sore, 17 Mei 2013
Saya merasa badan saya nggak karuan. Panas tinggi, sakit dan ngilu dari punggung hingga betis, badan lemas seperti nggak ada tenaga. Saya istighfar sambil bertanya-tanya ada apa nih, badan kok begini amat sih rasanya, karena pagi dan siangnya saya masih baik-baik saja. Memang sih beberapa hari sebelumnya saya sering merasa pegal-pegal di sekitar punggung, tapi saya pikir itu karena saya kelelahan saja setelah mengurus rumah. Sesudah makan malam, saya minum parasetamol untuk menghilangkan demam, kemudian istirahat.


Sabtu, 18 Mei 2013
Ternyata paginya badan makin tidak karuan. Maka sabtu sore itu saya diantar suami ke dokter. Dokter memperkirakan saya terkena typhus dan diberi 7 macam obat. Saya harus full istirahat selama sabtu-minggu ini dan nggak boleh bekerja. Weekend berlalu tapi saya masih merasa sakit. Panas sudah turun, tapi keringat dingin mengucur terus seperti orang mandi. Lemasnya bukan main.   


Senin, 20 Mei 2013
Menstruasi! Duh, jadi makin takut ngalamin dehidrasi. Saya minum air bergelas-gelas dan teh hangat manis agar tidak lemas.  

Selasa, 21 Mei 2013
Obat dari dokter habis. 

Rabu, 22 Mei 2013
Karena kondisi saya tidak membaik juga, saya pun sms dokter dan nanya apakah saya perlu tes darah. Dokter menyarankan saya untuk melakukan tes darah antara lain: Widal test, Trombosit, Leukosit, dan Hb. Setelah tes darah dilakukan, saya bawa hasilnya ke dokter. Dokter bilang saya positif kena demam berdarah.

Kecil, tapi gigitannya mematikan!



Dokter menyarankan saya dibawa ke rumah sakit karena walaupun trombosit saya masih 157.000 (Trombosit normal jumlahnya 150.000-400.000), tapi saya terlihat sangat lemah, dikhawatirkan trombosit saya makin menurun. Malam itu perasaaan saya makin gak karuan karena keringat dingin yang membanjir makin parah. Pandangan mulai kabur dan saya hampir tak kuat jalan lagi. Suami melarikan saya ke IGD RS Pelabuhan, rumah sakit yang jaraknya paling dekat dari rumah saya. Segera saya diinfus cairan dan dilakuan pemeriksaan darah ulang. Hasilnya, trombosit saya tinggal 50.000-an. Astaghfirullah.. saya merinding membayangkan andai malam itu saya nggak dibawa ke RS.
Setelah dapat kamar dan beristirahat, saya merasa agak bertenaga. Mungkin karena asupan cairan infus yang saya terima. Padahal trombosit saya masih terus merosot. 

Kamis, 23 Mei 2013
Trombosit masih menurun ke angka sekitar 33.000.. :(
Saya nggak boleh turun dari tempat tidur, bahkan kencing pun harus pakai pispot. Kadang bandel juga sih ke kamar mandi karena saya nggak nyaman memakai pispot.  
Oh ya, hari itu saya gosok gigi karena sudah 2 hari saya ngga mandi dan gosok gigi. Ternyata itu kesalahan besar saudara-saudara! Dokter melarang saya gosok gigi, cukup pakai obat kumur aja katanya. Dan memang rasanya bukan main, setelah gosok gigi, saya menggigil kedinginan. Kata perawat, ditakutkan ada luka di gusi dan itu akan menyebabkan trombosit makin turun.
Secara logika, gesekan sikat di gusi tentunya memang mengakibatkan aliran darah jadi lebih 'lancar' dan trombosit yang sedang menukik turun, bergerak makin cepat. Haduuuuh, iya deh sus, saya gak papa deh jigongan yg penting trombosit saya naik lagi.


Sedikit info nih tentang trombosit:
Trombosit memiliki nama lain keping darah atau platelet. Trombosit berbentuk tidak beraturan dan tidak memiliki inti sel. Trombosit ini berasal dari sel yang bernama megakariosit yang terletak di sumsum tulang belakang. Pembuatan trombosit sendiri dikendalikan oleh hormon trombopoietin yang ada di hati. Hormon ini dapat memicu pembuatan megakariosit di sumsum tulang belakang yang nantinya akan pecah menjadi trombosit saat tubuh kita memerlukan lebih banyak trombosit.

Apa sih fungsi utama keping trombosit dalam darah? Ternyata, trombosit inilah yang sangat berjasa dalam menutup luka. Saat ada jaringan pembuluh darah yang rusak, baik itu di bagian dalam maupun luar tubuh, trombosit akan menggumpal dan saling melekat satu sama lain. Dalam trombosit juga terdapat enzim yang berpengaruh dalam pembuatan benang-benang fibrin, benang yang juga menjadi salah satu bahan untuk pembekuan darah.


Kadar normal trombosit dalam darah kita adalah 150.000 sampai 400.000 butir per millimeter kubik darah. Kekurangan trombosit ternyata cukup berbahaya bagi tubuh kita. Sebab, hal itu dapat menyebabkan darah susah membeku. Imbasnya, luka kecil saja dapat menyebabkan pendarahan yang hebat karena tidak kunjung membeku. Kekurangan trombosit ini bisa saja terjadi karena penyakit atau virus tertentu seperti demam berdarah. 

Jadi bayangkanlah betapa parnonya saya yang hobi banget nge-google apa aja ini, waktu baca info di atas. Pas trombosit turun, pas pula saya lagi haid, dan haid saya banyaknya lebih dari



biasa. Panik bangeet, takut trombositnya jadi nol, dan saya 'lewat'. Naudzubillah..
Jadi inget anaknya Tika Bisono.. :'(
http://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/putri-tika-bisono-meninggal-karena-dbd-lprwvxe.html


Jumat, 24 Mei 2013
Trombosit mulai naik, dikiiiit.. jadi 39.000. Alhamdulillah, gak sia-sia minum aqua 3 botol gede setiap hari. Ditambah infus sehari 2-3 labu. Dan suntikan antibiotik plus anti mual tiap pagi dan malam.
*Ini saya tau karena saya kan kerjaannya nanya melulu ke susternya. "Ini buat apa? itu buat apa?" xixixixi.. 

Sabtu, 25 Mei 2013
Trombosit naik lagi, yeaaay.. jadi 59.000. Makasih ya Allah.. minum air putih teruuuuuusss ampe monyong. 


Tangan kanan setelah tiga hari diinfus, jadi bengkak, tapi seneng liatnya karena tampak mulus dan urat2nya jadi gak ada, hehe..


Karena yang kanan udah bengkak, infusnya pindah deh ke tangan kiri.



Minggu sore, 26 Mei 2013
Akhirnya boleh pulang, senangnyaaa.. Alhamdulillah. Walau trombosit masih di bawah 150.000 (sekitar 102.000), dokter bilang saya udah boleh pulang. Tapi seminggu gak boleh kerja dulu. Harus banyak istirahat. Iya dok, saya hobi kok kalo bobo-bobo cantik gitu.. Hihihi..
Malamnya, abis suami sholat Isya, pulanglah saya.. horee..

Sampe rumah ternyata badan emang masih cape dan agak melayang, langsung gubrak di kasur lagi deh. Sekitar 10 hari baru mulai jadi upik abu lagi. Kangen dapuuuur..

Makasih yaa suamiku yang udah super sabar ngurusin bininya ini... Smooch!




Makasih juga papa dan adik yang jadi repot ngurus rumah selama daku tak berdaya. Peluuuk!

Makasih juga mama yang walaupun lagi sakit tapi terus mendoakan anak manisnya ini. Kecup-kecup!









12 comments:

  1. berbagi info dengan pembaca blog. cara menaikkan trombosit dengan cepat bisa dg konsumsi susu powermix sunhope

    ReplyDelete
  2. pengalaman ane sihh...cara menaikkan trombosit bisa juga pake madu,buavita,dan banyak istirahat hehehehe

    ReplyDelete
  3. Buat pengalaman sih biar cepat naikin trombositnya bisa minum angkak udah terbukti :)

    ReplyDelete
  4. kalau saya pas malam itu keluar keringat dingin banyak -,-

    ReplyDelete
  5. Saya juga punya pengalaman kena DBD, sampai satu minggu dirawat di rumah sakit. Alhamdulilah bisa sembuh, setelah istirahat total satu minggu.

    Berdasarkan pengalaman saya sih, kalo DBD tuh, minum jus jambu merah yang banyak, dijamin sembuh deh. Oh iya jangan lupa berdoa , hehe

    ReplyDelete
  6. Saya udh hampir 5 harian db.. Dr trombosit 121 turun jadi 68 Dan skrg mau plg malah 66.. Tp dr udah ngijinin plg.. Tp saya jd agak takut juga 😰 mohon doanya ya😇

    ReplyDelete
  7. Saya udh hampir 5 harian db.. Dr trombosit 121 turun jadi 68 Dan skrg mau plg malah 66.. Tp dr udah ngijinin plg.. Tp saya jd agak takut juga 😰 mohon doanya ya😇

    ReplyDelete
  8. Wahh sama bangett malah sy smpe 19 rb ttk trendah trombosit dan hrs tranfusi 5 kantong trombst juga alhamdulillah akhirnya bisa naik jg smope 65 rb dan akhirnya boleh plg...yeaayy...

    ReplyDelete
  9. Dua hari terakhir saya dijogja pinggang saya terasa sangat nyeri tanpa saya tau sebabnya, kemudian saya brgkat kebogor tgl 16 kemaren dg kondisi kurang fit,tgl 18 saya pulang kelampung dan tgl 19 saya demam menggigil mual sampai 3 hari kemudian, semenjak dua hari kemaren setiap malam saya keringat dingin sampe kayak mandi keringet, padahal udah dipanjer kipas semaleman, akhirnya saya check up hari ini karena mual bgt rasanya dan ternyata trombosit saya 127.000 dan hari ini jg saya halangan. Saya kira saya kena tyfus karna saya udah 2 kali tyfus dalam rentang 3 bulan, ternyata dokter blg saya gejala dbd. Apa trombosit saya masih terbilang amankah jika tidak opname??

    ReplyDelete
  10. Kalo malm suka masih panas itu .mata sama kepala suka masih panas.tapi gak pusing

    ReplyDelete
  11. mau share pengalaman juga. pernh kena db. trombosit turun sampe 9000. iya, sembilan ribu. tapi Alhamdulillah msih bsa sehat lagi. pokonya bnyakin minum buavita jambu. dan bnyak2 doa.

    ReplyDelete
  12. http://pelangimerah99.blogspot.com/2017/11/3-hari-lagi-vivo-v7-dengan-comfortable.html
    http://pelangimerah99.blogspot.com/2017/11/bos-honda-undur-diri-setelah-marc.html


    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Pelangikita.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami
    - BBM : D8C5975D
    - WHATSAPP : +855 98 874 349
    - LINE : poker_pelangi

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...