Daisypath Anniversary Years Ticker

Sunday, June 2, 2013

KISAH GIGI GERAHAM BUNGSU


Udah lewat hampir 1 tahun sejak saya operasi gigi geraham  bungsu, dan karena 'masa-masa sulit' pra dan pasca operasi saya rasanya sudah lewat, mungkin ada baiknya saya share yaaa pengalaman menakjubkan ini. Siapa tau berguna bagi mereka yang masih maju mundur mentalnya untuk melakukan operasi geraham bungsu yang mengganggu.

Sedikit info buat yang belum tau, geraham bungsu atau bahasa kedokterannya third molar (molar ketiga) adalah gigi geraham yang tumbuh paling akhir dari seluruh gigi yang kita miliki. Gigi ini terletak di bagian gusi paling belakang dalam mulut kita dan biasanya tumbuh antara usia 18-25 tahun. Yup, gigi ini tumbuh bukan di masa pertumbuhan atau kanak-kanak, melainkan di usia dewasa, masa di saat manusia dianggap lebih bijak. Mungkin karena itu si geraham bungsu ini disebut wisdom tooth. Kemunculannya akan terasa mengganggu bila si pemilik gigi memiliki rahang yang sempit, hingga tak ada tempat lagi yang tersedia buat si gigi. Geraham yang tumbuh tidak pada tempatnya ini disebut impaksi. Menurut teori evolusi, seiring perkembangannya, kebiasaan makan manusia jaman sekarang menyebabkan rahang manusia makin mengecil.




Si gigi bijak ini bisa mengakibatkan macam-macam komplikasi penyakit di kemudian hari. Dari pusing-pusing biasa, migrain, vertigo, sampai penyakit yang serius seperti jantung. Ini disebabkan karena di gusi manusia terdapat banyak syaraf yang baik secara langsung atau tidak dapat terganggu akibat impaksi.

Untuk beberapa kasus, gigi yang posisinya sulit dicabut dengan cara biasa harus diangkat dengan jalan operasi. Jangan kuatir, operasi kecil kok, jadi bisa dilakukan hanya dengan bius lokal. Pada kasus saya, gigi geraham kiri tumbuh di luar barisan namun tetap tumbuh ke atas (tidak miring). Gigi geraham kanan berada di barisan yang benar namun tumbuh miring dan menabrak gigi di depannya. Kalo susah dibayangin, coba deh buka mulut dan ngaca aja sendiri, perhatiin gigi geraham masing-masing, pasti jadi lebih ngerti.

Geraham kanan sejauh ini tidak terasa mengganggu, tapi geraham kiri yang melenceng sendiri, posisinya menabrak pipi sebelah dalam, hingga kalau saya menutup mulut, dinding mulut jadi tergigit terus. Mula-mula dicuekin aja, lama-lama dinding mulut jadi bengkak dan berdarah. Sakitnya jangan ditanya deh, pokoknya ini mulut sampe gak bisa ditutup. Tidur miring sakit, telentang senut-senut :(
Baru bisa tidur kalo udah dielus-elus suami.. *apa sih*

Tanggal 8 Juni 2012 pergi ke dokter gigi, dikasih obat penghilang bengkak & antibiotik. Sepuluh hari kemudian disuruh balik lagi untuk bikin jadwal operasi gigi dengan dokter gigi spesialis bedah mulut. Diharapkan pada hari itu bengkaknya sudah hilang. Saya nanya ke beberapa teman yang pernah operasi gigi dan browsing info tentang impaksi ini. Kok ngga ada yang bilang enak ya? Semua bilangnya sakit, huhuhu.. Tapi karena saya termasuk Marcopolo (pemberani dan tangguh, wkwkwkwkwk..) tanggal 17 Juni 2012 saya siap dioperasi.

O iya, beberapa malam sebelumnya si Marcopolo palsu ini nangis sampe sesenggukan karena sebenernya saya takut sekaliiii..

Hari Minggu tanggal 17 Juni 2012 jam 16:00 saya tiba di klinik gigi yang tempatnya lumayan nyaman tapi tetep aja bikin merinding karena di sinilah si geraham bungsu tersayang akan dipisahkan dari saya. *lebay*
Dokter gigi baru datang jam 17:00 dan sebelum saya sudah ada satu pasien yang dijadwalkan bertemu dengan beliau. Jadi pake acara nunggu dulu deh. Sholat ashar di mushola klinik doanya udah gak bikin nangis lagi. Udah pasrah sepasrah-pasrahnya kayak waktu jadi pengantin baru. *hehehe..*

Jam 17:50 udah azan maghrib tapi pasien tadi belum keluar juga, saya girang.. bisa ngadu-ngadu lagi ama Allah di mushola. Pokoknya habit manusianya keluar banget deh, kalo lagi ketakutan jadi kolokan ama Allah gitu, hehe.. Tapi beneran deh, yang berasa tegang jadinya bukan saya, tapi malah suami. Tegangnya tuh sampe keliatan di wajah dan sikapnya, kayak waktu mau ijab kabul. *ini apa sih ngomongin jaman pengantin melulu*

Jam 18:15 saya dipanggil masuk ruang operasi. Mulut masih komat-kamit tapi mental udah lumayan tenang. Sebelum operasi saya diminta menandatangani surat pernyataan persetujuan untuk melakukan tindakan medis. Hiks, cuma nandatanganin ginian aja udah bikin saya jadi deg-degan lagi dah..

Laa hawla wa laa quwwata illaa billaah.. bukannya mau pamer sok relijius, tapi kalimat itu sungguh benar adanya: Tiada daya upaya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. Proses operasi dimudahkan dan dilancarkan oleh-Nya. Contoh gampangnya: Begitu buka mulut, dokter mengoleskan kapas yg sudah dibasahi sejenis cairan antiseptik, sambil berkata, "ini dingin ya.." maksudnya mungkin biar saya nggak kaget. Tapi ternyata nggak dingin. Lalu sebelum gusi disuntik bius, dokter berkata pada saya, "ini sakit ya.." tapi ternyata gak sakit. Kata orang-orang suntik bius bikin kepala serasa segede semangka, kesemutan, timbul rasa baal (kebal) yang aneh. Alhamdulillah saya nggak ngerasa apa-apa. Malah sempat kuatir, jangan-jangan ini biusnya nggak bekerja.. ^__^

Lalu wajah ditutup kain hitam yang dilubangi di bagian mulut. Saya tahu, itu dilakukan agar saya nggak perlu melihat peralatan dokter seperti bor, tang, suntik dll yang bisa bikin parno. Tapi memang saat itu saya jauuuuh banget dari rasa panik. O iya, mulut saya juga dipasangi alat penahan supaya mangap terus.

Agak horor juga waktu akhirnya gigi saya siap dicabut setelah gusi disayat kiri kanan, dan dibor sana sini. Ternyata akarnya kuat sekali, hingga dokternya ngasih kode-kode ke asistennya untuk megangin kepala saya. Dan wow, terjadi tarik menarik yang lumayan dahsyat antara asisten dan dokter gigi. Kepala saya ketarik kanan kiri demi untuk melepaskan si gigi yang akarnya masih sangat kuat itu. Nggak kebayang kalo gak dibius kayak gimana tuh ya, serem banget.

Alhamdulillah akhirnya si gigi lepas juga. Gusi dijahit dan saya disuruh bangun pelan-pelan. Takut oleng hihihi.. Selesai deh. Sebelum pulang, saya diberi berbagai obat, antara lain untuk menghentikan pendarahan, antibiotik dan juga penghilang sakit bila nanti efek biusnya sudah hilang, dan konon katanya sakitnya bisa nyoooss dung dueerr kayak abis digebukin orang sekampung. And you know what, itu nggak terjadi. Bahkan obat penghilang sakitnya nggak kepake.

Dua minggu mulut masih nggak nyaman dan selama seminggu harus makan makanan yang lunak menggunakan gigi geraham yang sehat. Setelah seminggu kembali lagi untuk cabut jahitan, dan dilihat apakah ada infeksi atau tidak. Alhamdulillah gak ada infeksi, cuma sedikit sariawan di bekas suntikan bius.

Yang punya masalah impaksi, ayoo jangan ditunda-tunda lagi untuk dioperasi, cari info dokter yang bagus, supaya kita nggak ngerasa sakit pasca operasi. Dokter gigi yang saya rekomendasikan namanya drg. Rosnoviani, praktek di klinik pribadinya di Jakarta Utara. Tapi tentunya banyak juga dokter gigi bagus yang bisa teman-teman cari di dekat tempat tinggal masing-masing, atau google aja, insya Allah ketemu.

Pilih mana, nggak nyaman selama 2 minggu atau migrain seumur hidup? Hayooo.. :)



32 comments:

  1. Maaf klo boleh tau, itu drg rosnoviani alamatnya dimana ya? Thx.

    ReplyDelete
  2. Jl. Muncang No.78 Koja - Jakarta Utara. Telp 021.91092545

    ReplyDelete
  3. yg sy rasa agak beda...operasi brlgsg slama 2.5 jam...mulut ga dpasangin penahan...hbis operasi sudut bibir jd hancur..mulut jd susah dbuka...udah 15 hr msh takut ngunyah mkanan d bekas operasi tsb.
    pengalaman si dokter juga harus jd prtimbangan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudut mulut saya juga terluka, tapi itu karena memang bentuk mulut yang kecil tapi mengantong, jadi cukup menyulitkan dokternya untuk mencongkel gigi terujung..
      saya juga sempat patah semangat ditengah proses pencabutan karena sakit ujung bibir terjepit alat..
      tapi dokternya menyemangati, karena sudah setengah jalan tinggal krek..
      tercabutlah gigi bija tersebut..
      Yang amazing, saya datang ke dokter karena mau sowan sepupu (dikter gigi tersebut) tiba-tiba pengen ah diperiksa.. eh ternyata gigi ujung tersebut keropos jelek.. ditawari yuk dicabut..
      oke..langsung deh..cuma yang tidak nyaman adalah berkumur darah saat perjalanan pulang dengan tetap menggigit tampon utk tempat darah..
      hueeeekkk.. mual dan mau muntah jika ingat itu..
      mulut berasa bau anyir dan bau obat (salep yang dioles di lubang untuk menghentikan darah)..
      tapi.. anw.. gigi graham bijak saya sudah 3 yang hilang..hahahaha..
      ompong deh..demi kesehatan..karena sering kali gigi graham bijak tersebut tidak terjangkau sikat gigi sehingga kemungkinan keropos, rusak, dan membuat sakit kepala akan sangat besar..
      so.. tidak perlu takut..

      Delete
  4. Alhamdulillah setelah baca postingannya saya jadi sedikit tenang mbak, makasih sharingnya, semoga bsk saat sy odontectomy juga diberikan kelancaran Amiiin ;)
    sukses selalu :)

    ReplyDelete
  5. Makasih banget udah sharing.. jujur sj sy takut periksa ke dktr gigi krn byk cerita yg serem se serem wajah suster ngesot.. hehehehehe. Tapi insyaallah skrg sy (coba) brani. Mudah2an dimudahkan Allah. Aamiin.

    ReplyDelete
  6. Berapa biayanya nih ...thanks for sharing

    ReplyDelete
  7. Hay aku 5hari yang lalu habis operasi gigi graham ku. Tapi operasiku berlangsung cepat. Dan gak kerasa sakit. Tapi mulai kerasa sakit setelahnya sih,cenat cenut gitu. Pipi juga masih bengkak,tapi kalo untuk makann cuma 2hari makan bubut,selebihnya bisa ko makan nasi hehehehe...
    kalo proses operasinya sendiri ,aku sebentarnya kebangetan. Pertama aku disuruh tarik napas *mau dibius* agak sakit sih,tapi 2menit setelah disuntik,lidah dan bibir aku kerasa semutan. Pas lgsemutan lgsg kaya nya gusi aku disayat,cuma si dokternya tuh asik. Jd dia ga bikin takut, udah gitu kan disuruh kumur2,udah kumur2 lgsg aja gigi aku dikeluarin dan gusinya dijait.
    mmmmm tapi aku gak ditutup pake kain,jd aku sebenernya agak shock liat alatnya,tapi ini jalan terbaik *apaa-_-*
    jadi jangan takut deh,daripada sakit berlebihan hihi

    ReplyDelete
  8. smoga dktr terakhir pilihan sy ini (dokter k4 setelah muter" dr drg" yg lain) bisa nanganin sy seperti sis ya ... ga sakit + dimudahkan aamiin, juju saya takut banget

    ReplyDelete
  9. Saya baru bedah Odontectomy,hari minggu 30 maret 2014 operasi,hari rabu obat dari dokter habis,hari kamis mulai terasa sakitnya,aduh sakitnya luar biasa.....

    ReplyDelete
  10. hai, saya mau tanya dong. klinik drg.rosnoviani itu deket gedung apa gitu supaya ada patokannya klo cari alamatnya. trs nama klinik nya apa??
    jawab ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telepon aja ya mbak, ke no 021.91092545, biar enak nanya langsung ke mereka. Saya juga cuma waktu itu aja ke sana. Lokasinya sih daerah pemukiman, jadi memang masuk jalan-jalan kecil. O iya nama kliniknya Klinik Denta Estetik.

      Delete
  11. Kalau minta bius total apa di perbolehkan yah ?

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. berapa duit habisnya gan??
    sastro_pedal@rocketmail.com

    ReplyDelete
  14. Gratis gan..
    Saya cabut sekaligus 4 gigi graham atas kiri kanan bawah kiri kanan.. Skrng kan ada bpjs.. Saya operasi di rs sukanto kramat jati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas ipunk itu sekaligus 4 bius umum atau bius lokal? Saya mau coba cabut semua tp sama dokternya gak boleh harus di rumah sakit kelas A dan harua bius umum

      Delete
  15. Apakah sakit ketika operasi tersebut? Soalnya saya juga mau operasi ..

    ReplyDelete
  16. aku juga baru aja operasi geraham bungsu bawah sebelah kiri, operasinya ga terlalu lama, tapi yang ga bikin nyaman adalah darah nya ga berhenti berhenti

    ReplyDelete
  17. Saya juga hbs operasi geraham miring, br kmrn, wktu di bius gak sakit, prosesnya juga gak sakit, cm ngeri krna suara alat dan suara gigi yg ditarik dr tulang. Stlh efek bius slsai juga gak sakit. Tp knpa darahnya gak berhenti seharian smpe hrs meludah trs. Smga dg rutin mnm obat mengurangi pendarahan bs sgra mampet amin... Apa teman2 prnah mngalami yg darahnya keluar smpe seharian?

    ReplyDelete
  18. Saya juga hbs operasi geraham miring, br kmrn, wktu di bius gak sakit, prosesnya juga gak sakit, cm ngeri krna suara alat dan suara gigi yg ditarik dr tulang. Stlh efek bius slsai juga gak sakit. Tp knpa darahnya gak berhenti seharian smpe hrs meludah trs. Smga dg rutin mnm obat mengurangi pendarahan bs sgra mampet amin... Apa teman2 prnah mngalami yg darahnya keluar smpe seharian?

    ReplyDelete
  19. Saya juga hbs operasi geraham miring, br kmrn, wktu di bius gak sakit, prosesnya juga gak sakit, cm ngeri krna suara alat dan suara gigi yg ditarik dr tulang. Stlh efek bius slsai juga gak sakit. Tp knpa darahnya gak berhenti seharian smpe hrs meludah trs. Smga dg rutin mnm obat mengurangi pendarahan bs sgra mampet amin... Apa teman2 prnah mngalami yg darahnya keluar smpe seharian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin sy odontektomi alias operasi geraham ke 3 di rsud budi asih. Sy pake fasilitas bpjs jadi free. Krn yg dioperasi 4 gigi, atas bawah kanan kiri, sy dibius total. Operasi berlangsung sekitar 3 jam karena kt dokter geraham sy kuaat sekali. Pasca odon, pipi sy bengkak besar tapi ga sakit kok serius deh asalkan minum obt yg teratur.

      Delete
  20. hai all, saya juga seminggu yg lalu baru saja oprasi gigi bawah kiri sblm gigi paling blkg .
    rasa nya luar biasa sakit , smp harus di suntik bius sbnyk 3x . kyanya ga bekerja dgn baik obat nya.
    saya pikir hanya saya yg merasakan hal sprti kalian .
    rasanya smp sakit keubun ubun, ga bs konsentrasi kerja.
    benang didlm nya mengaggu bgt , tapi ko sakit nya ga hilang hilang . jd ga nafsu makan juga. 3hari lagi buka jahitan. dr menyarankan agar saya pasang gigi palsu ..
    yg saya mau tnyakan apa kalian juga memasang gigi palsu kah ?

    ReplyDelete
  21. ikut nimbrung ya.. kemarin (16 Des 2016) saya juga baru abis operasi odontektomi (pengangkatan gigi geraham bungsu) di RSCM, yg diangkat gigi geraham bungsu sebelah kiri atas bawah, jadi 2 gigi. Pas operasi berjalan gak ngerasa apa-apa, biasa aja, paling ngeri denger suara bor dan suara gigi dicabut kayak lagi cabut akar pohon, dokternya juga ngelawak gitu selama berjalannya operasi jadi lupa ama takutnya soalnya dibikin ketawa melulu.. hehe.. Hari ini, sehari setelah operasi bagian dagu dan bibir sebelah kiri rasanya kebas (ga bisa ngerasain apa2), kalau dicubit ga ngerasa apa2, makan susah soalnya ga bisa buka mulut lebar2. Untuk info biaya odontektomi (OD)di RSCM, 1,6jt per gigi, karena gigi saya yg atas bukan termasuk OD, di kuitansi pembayaran, untuk gigi yg bawah ditulis pencabutan gigi dengan komplikasi, jadi biayanya 314rb, total semuanya 1,6jt + 314rb + 200rb (obat) = 2,1 juta. Oh ya, saya gak pake jaminan apa2, pasien umum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Amel, di RSCM itu prosesnya ribet gak ya? apakah bisa langsung ke dokter gigi spesialis bedah nya, atau harus ada surat rujukan dulu dari dokter umumnya?

      Delete
    2. Mba amel tnya dong, kebasnya brp lama bisa balik lagi gak yah..sy abis odontek yg kiri kebas bibir,dagu ma lidah worry ga balik lagi deh udh 4hrian

      Delete
  22. Minta tips dong melewati post operasi.. gmn sikat giginya.
    Saya baru aja operasi gigi bungsu 6 jam lalu T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy seminggu lalu operasi gigi bungsu di RSKGM UI. Saran setelah operasi:
      1. Jangan terlalu sering meluda.
      2. Kumur- Kumur perlahan.
      3. Makan makanan yg lunak dan tidak panas.
      4. Kurangi aktifitas mulut seperti kurangi bicara
      5. Istirahat yg cukup (tidur dengan posisi kepala yg lebih tinggi dari tubuh).
      6. Minum obat antibiotics sampe habis.
      7.gosok gigi perlahan (gunakan obat Kumur parodontax atau be tadinya kumur).
      8. Jangan mempermainkan luka jahitan dengan lidah.
      9. Jika terasa nyut2 berKumur dengan air hangat yg telah dicampur dengan garam.

      Delete
  23. Beberapa jam yg lalu di tanggal 29 Juli 2016 sy ke dokter rosnoviani yg bertugas di kramat jaya cilincing (salon bunga/Drg. Novi). Mungkin ini dokter yg sm dari tautan diatas. Hanya bertanya biaya pasang gigi palsu tanpa ada pemeriksaan secara fisik (tidak di cek gigi saya) hanya memakan waktu kurang dari 5 menit. Di charge biaya konsultasi 100 ribu (menurut sy ini kurang wajar).

    ReplyDelete
  24. Mbak klo bleh tw biaya operasinya brpa ya.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...